Selamat Datang By. Andha Modief'

Belajar Improvisasi melodi

Thank's Bro . . .
Untuk halaman Blog saya kali inii, saya akan coba menghadirkan beberapa informasi(Edukasi) tentang bagaimana cara berimprovisasi dalam memainkan melodi gitar, mungkin iformasi yang saya hadirkan kurang maksimal , yang jelasnya kurang lebih dapat memberikan pengetahuan dan sumber dalam perkembangan permainan kita (saya juga masih belajar2 nii) heehhe . . .


Untuk awalnya, kita coba bahas mengenai trik2 yang mendukung dalam bermain melodi gitar, okey??.
pressing awal untuk bermain gitar...Masih belum punya sesuatu yang asik dalam bermain gitar atau pengen banget bisa main gitar dengan skiLL tinggi?? jangan cuma niat doank donk tapi coba aja mulai belajar tehnik dengan baik dan benar. emm, berikut ini ada tips awaL bermain gitar yang dapat anda lakukan.
Jika ingin mahir bermain gitar, kamu mesti terlebih dahulu mempelajari ilmu Pressing dengan fasih. "PRESSING" adalah sesuatu yang sangat harus di kusai oleh seseorang yang ingin bermain gitar melodi dengan baik. dalam pelaksanaannya tahap ini merupakan aplikasi fingering dengan tempo yang stabil, agar lebih memudahkan kita bisa manggunakan metronome.
caranya, gerakan jari secara berturutan mulai dari telunjuk,jari tengah,jari manis, dan jari kelingking. Lakukan setiap waktu dan sesuaikan dengan jarak fred dengan bunyi yang benar, karena jika hal ini dapat di kuasai maka proses lain dapat di lakukan dengan mudah.
Namun apabila telah belajar bermain untuk mengiringi sebuah band, maka sebaiknya bekajar merasakan harmoni,agar dalam permainan kita dapat menghasilkan penjiwaan dan Harmonisasi. caranya dengan menyelaraskan suara yang di hasilkan dari gitar dengan aransemen yang lain, seperti Drum,Bass, sampai dengan suara vokal, dengan kata lain jika hal ini terlewatkan maka suara gitar yang kita mainkan atau yang keluar tidak akan pas dan sesuai atau dengan kata lain FaLs.
Beberapa contoh senam jari dengan TABLATURE..
3/4
]----------]-----------]---4-1-3-]-2-4-5---]
]----------]-----------]-3-4-1---]---4-5-2-]
]-----------]---1-3-4]-----------]-----------]
]-----------]-4-1-3--]-----------]-----------]
]---3-4-1-]----------]-----------]-----------]
]-1-3-4---]----------]-----------]-----------]

4/4
]-2-4-5-3-4-6-7-5-]-6-8-9-7-8-10-11-9-]
]--------------------- ]-------------------------]
]----------------------]------------------------ ]
]--------------------- ]------------------------ ]
]--------------------- ]------------------------ ]
]--------------------- ]------------------------ ]
Ayoo Lakukan beberapa sample pergerakan fingering di ataas dan kemudian belajar mengembangkannya, pasti akan sangat bermanfaat dalam memberikan pengaruh pada otot jari sehingga menghasilkan Power Tone yang mantap dehh..

Okokok, sekarang kita masuk pada inti dari halaman ini, belajar untuk tahu (hahaha) tentang Improvisasi. . .

Kita semua pasti pernah mengalaminya…ngejam dengan musisi lain dan ketika berada di tengah-tengah lagu para pertner jam sesion memberi kode giliran kita memainkan solo. Apa yang akan kita lakukan? Setiap detik kita memikirkan apa yang akan kita mainkan membuat kita terlihat seperti pemain amatir.
“Cepaat, sekarang aku berada dikord apa? pada bagian lagu yang mana? setelah ini kordnya apa? scalenya apa?
aaahg' sumpah bingungkan kalo ngak tahu (ngak' connect) hahaha..
Jika kita tidak menguasai gitar dengan baik maka akan sering terjadi banyak kesulitan dalam memainkan melodi.
contoh : bending, slides, pull-off, hammer-on, dll, Jadi pastikan kita benar-benar menguasai teknik-teknik dasar tersebut
Tapi mulai sekarang gak perlu takut, mari kita belajar bersama, jadi seorang gitaris itu menurut saya gak' harus terkenal dan diakui di negara atau bahkan didunia, tetapi yang terutama adalah diakui oleh diri sendiri, diri kita adalah inspirasi paling besar bagi kita dalam menggapai cita(Haahha) . . .

Ada cara yang membuat solo melodi gitar yang cukup sederhana nii :
1. jika kita belum jago membuat solo yang orisinil maka cara pertama adalah ambil melodi dari musisi-musisi top.
Hapalkan melodi tersebut beserta progresi kord yang menyertainya. Musisi top disini tidak harus gitaris tetapi bisa juga pemain saxophone, trumpet, piano.
Banyak dari melodi-melodi musisi non gitar yang menarik untuk diterapkan di gitar.
Disitu kita akan mempelajari melodi dengan posisi finger yang berbeda dari yang biasa kita mainkan. Yup, patern mereka seringkali unik dan itu akan memperluas wawasan kita terhadap scale, fingering, mood, hingga karakter musisi yang melodinya sedang kita mainkan.
Saya suka dengan melodi pemain saxophone, piano (biasanya lebih rumit), patern mereka sangat bagus! saya dulu sering menggunakan melodi para pemain saxophone saat bermain solo. Jadi disini kita kudu banyak mendengarkan berbagai macam jenis musik.
Saya merekomendasikan musik-musik dengan progresi kord yang agak luas untuk dijadikan konsumsi telinga dan otak.
2. Dalam setiap permainan solo pastikan kita memainkan nada-nada sederhana terlebih dahulu. Karena bermain solo itu seperti sebuah perjalanan melodi, maka jika kita bermain cepat pada awal solo kemungkinan besar kita akan cepat kehabisan ide sebelum jatah solo berakhir.
3. Kita kudu tahu progresi kordnya. Dengarkan perjalanan kordnya sambil kita memainkan melodi. Pastikan melodi tersebut mengandung unsur kord terutama nada ketiga dari kord. Misal kita memainkan solo dengan lagu bernada dasar C maka saat
tiba pada akord ke-2 (Dm) pastikan nada F diikut sertakan dalam melodimu. Jika misal lagu tiba pada akord enam mayor (A Major) pastikan nada Cis diikut sertakan dalam melodi.
Dengan memainkan nada pembentuk kord para pendengar merasa yakin bahwa kita berada disana yaitu pada kord yang tepat.
Dan para pendengar akan yakin bahwa kita bermain dengan sadar sepenuhnya.
Berarti kita cukup memainkan arpegio saja?
Meskipun bermain arpegio merupakan cara yang paling mudah untuk menyesuaikan dengan kord namun ingat improvisasi adalah perjalanan melodi jadi jangan hanya bermain arpegio saja, karena melodinya akan terlihat tidak hidup.
Memang agak sulit jika kita bermain sambil menghapal progresi kordnya, tetapi memang harus demikian jika kamu ingin bermain solo dengan bagus.
Akan lebih mudah jika kita sudah tahu betul dengan progresi kord lagu yang dimainkan.
4. Pastikan bagian akhir melodi merupakan klimaks solo, dan klimaks harus greget,
Jadi pada saat klimaks pastikan kita sudah berada pada melodi bernada tinggi. Biasanya klimaks lagu memang bernada tinggi.
Dengarkan saja lagu Indonesia Raya dan kita bisa mengetahui mana bagian klimaksnya.
Biasakan banyak mendengar, menghayati lagu, bermain gitar tidak hanya masalah skill tetapi disana ada fill, emosi, dan harmoni. Musik dibentuk dari berbagai macam alat musik, gitar adalah salah satunya, maka suara gitar menjadi bagian yang membuat musik itu hidup, jangan merusaknya.
okokok..??'
Good Luck sobh !'

35 komentar:

  1. ijat....patuk sekurung,,

    BalasHapus
  2. bekayak ini.....

    BalasHapus
  3. Mau belajar gitar secara lengkap dari pemula, mahir, sampai recording? silahkan ke www.gitarzoom.blogspot.com
    trims

    BalasHapus
  4. susah dicerna ya belajar skillnya

    BalasHapus
  5. hanya menambahkan intinya kita harus hafal 12 tangga nada!! mantap

    BalasHapus
  6. apa saja tu 12 tangga lagu yg harus di hapal brow
    share brow
    soal'a baru bljat brow

    BalasHapus
  7. Thanks gan infonya gan :)
    Gw udah bisa fingering, picking ,tapi klo dsruh bkin melodi sendiri bingung ,belum tau nadanya ,masih ga ngerti soal tangga nada ,,

    BalasHapus
  8. merinding gue bacanya

    BalasHapus
  9. agik setiawan13 Maret 2013 16.37

    oke masbro

    BalasHapus
  10. thanks pembelajarannya

    BalasHapus
  11. mantap informasinya...
    perlu di pelajari juga nih

    BalasHapus
  12. mas apakah ada jalurnya cara meng improvisasi melodi

    BalasHapus
  13. ya memang ada beberapa yg harus kita kuasai terlebih dulu..(mis;teknik melodi Ionian..dorian..dst. Pentatonic..dsb) dan menentukan jenis melodi apa.? dengan nada dasar Mayor apa Minor..
    Jadi kalo menurut saya sebelum masuk ke improfisasi..ga ada salahnya kita belajar menguasai dulu teknik2 melody ( Nada Mayor/Minor)
    karena ada banyak tekhnik Melodi yg saya tahu beberapa all: Pentatonic (Mayor & Minor; Harmonic ;etnic..dan msh banyak lagi..
    ok.selamat berlatih..
    Salam Jhoni Blues Curug/Krw

    BalasHapus
  14. thanks gan..
    nada blom apal uda belajar melodi neh..
    hehe
    saran aja klo maen melodi mending jari di iket karet biar alot, ntar klo manggung jadi cepet :v
    thanks gan

    BalasHapus
  15. jadi cara mengajarkan gitar seperti gimana

    BalasHapus
  16. Komentar ini telah dihapus oleh penulis.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk berimprovisasi sebenar nya ga sulit,cuma butuh perjuangan keras menghafal tangga nada yg mau di gunakan seperti minor major pentatonik dsb, hafal tuh tangga nada tiap hari ampe diluar kepala, setelah hafal coba mainkan jgn takut salah yg penting kita ngga lari dr jalur hehehe

      Hapus
  17. Mas bro...mau nanya nih tangga nada untuk bermain blues selain pentatonik apa ya??? Kasih tab nya dong
    MakasihhHhh

    BalasHapus
  18. mantaffff,,, gan kalo bisa di ikutin juga Videonya

    BalasHapus
  19. mata tabb,,,,,,,,,

    BalasHapus